Ibu Profesional Lampung Belajar Dengan Tema Berbeda Untuk Mengasah Skill Memasak


Halo bunda semua? Apa kabar? Semoga di bulan Agustus ini bunda tetap sehat bersama keluarga. Semangat merdeka, semangat 45. Mau masak apa hari ini bunda? Yuk belajar bersama di Rumbel Boga. 

Rumbel Boga IP Lampung merupakan rumbel yang ada sejak awal berdirinya IP Lampung. Seiring waktu Rumbel Boga terus berbenah diri dan memiliki visi misi yang menjadi pedoman dalam berkegiatan. Tujuannya tak lain agar bunda dapat memberikan yang terbaik untuk keluarga tercinta.


Memasak atau pun menyajikan hidangan untuk keluarga tercinta menjadi hal yang menyenangkan. Walau terkadang bingung untuk dapat memberikan variasi menu berbeda. 

Nah berikut jadwal kegiatan online dari Rumbel Boga yang menjadikan berbagai bahan baku makanan sebagai tema. Sehingga menghasilkan berbagai variasi hidangan yang dapat dicoba untuk keluarga.

1. Telur


Telur dikenal sebagai sumber protein hewani dan mudah didapat. Memiliki kandungan gizi lengkap dan ramah di kantong. Ternyata dari bahan telur bisa menghasilkan  beragam variasi masakan. Ada balado telur, telur ceplok, tumis telur, gulai telur. 

Telur sangat disukai karena mudah dicerna dan mudah dalam pengolahan. Telur dihasilkan oleh unggas seperti bebek, entok, ayam, burung puyuh. 


Tips memilih telur yang baik: 

Telur berkulit cerah dan tidak retak. Telur yang retak dikhawatirkan mudah terkontaminasi oleh kuman dan bakteri.

  1. Telur tidak berbau yang menyengat
  2. Telur saat dites di air tidak mengambang
  3. Cek telur dengan teropong atau lampu untuk melihat kualitas kuningnya
  4. Kocok perlahan, jika telur segar biasanya tidak berbunyi.

2. Tempe


Tempe adalah makanan yang berasal dari fermentasi biji kedelai dengan bantuan ragi tempe. Tempe sangat kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B, dan zat besi. Tempe menjadi sumber protein nabati yang banyak disukai.


Di Indonesia tempe seakan menjadi favorit setiap keluarga. Mudah didapat dan harga yang terjangkau. Tempe dapat diolah menjadi berbagai menu menggoda lidah.

Berikut contoh hasil eksekusi para bunda di Rumbel Boga IP Lampung. Sambal tempe, bacem tempe, mendol tempe, kroket tempe keju, pentul tempe, oseng tempe, perkedel tempe sampai sayur tempe.

Hasil otak-atik tempe menghasilkan sensasi tempe dengan cita rasa berbeda. Dan ini makin menambah semangat bunda di Rumbel Boga untuk terus belajar meningkatkan kemampuannya. 

3. Umbi 


Umbi menurut wikipedia adalah organ tumbuhan yang mengalami perubahan ukuran dan bentuk ( pembengkakan) sebagai akibat perubahan fungsinya. Perubahan ini berakibat pula pada perubahan anatominya. Organ yang membentuk umbi terutama batang, akar, atau modifikasinya. 


Hanya sedikit kelompok tumbuhan yang membentuk umbi dengan melibatkan daunnya. Contoh umbi yang biasa diolah antara lain kentang, singkong, ubi jalar, talas, wortel, suweg, uwi, gembili, dan bentul. 

Varian yang dihasilkan sangat banyak. Umbi bisa diolah menjadi stik, risoles, kue lumpur, kolak, biji salak, puding, bola-bola ubi juga getuk. Emm rasanya legit dan pulen. Umbi menjadi sumber karbohidrat selain nasi.

4. Olahan Buah


Indonesia sebagai negara tropis, dikenal memiliki kekayaan alam yang melimpah. Begitu juga dengan buah-buahan. Akan meriah dengan musim buah yang saling bergantian seperti sebuah siklus alam. 


Buah tidak harus disajikan dalam bentuk aslinya. Namun dapat diolah menjadi beragam menu untuk disantap.  Buah dapat diolah menjadi puding buah, salad buah, es krim buah, jus buah, bahkan sambal dari buah. Seperti sambal kweni. 

Nah bagaimana bunda? Semoga sharing jadwal Rumbel Boga berdasarkan tema dapat menginspirasi untuk dapat memberikan hidangan terbaik bagi keluarga. Semoga bermanfaat.

Kontributor: Linda Dwihapsari
https://www.lindadwihapsari.com/
Foto:
Dokumentasi Rumbel Boga IP Lampung
Referensi:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar