8 Tips Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai



Rumbel Hijau adalah salah satu rumbel atau rumah belajar di Ibu Profesional Lampung. Bulan lalu Rumbel Hijau mengadakan tantangan 7 hari tanpa plastik sekali pakai. Tujuannya adalah sebagai salah satu upaya membumikan perilaku hidup minim sampah.

Pasti pernah mendengar kan tentang paus yang mati dan ditemukan puluhan kilo sampah plastik di perutnya. Jadi saat ini bumi kita sudah darurat sampah terutama sampah plastik. Karena itu Rumbel Hijau juga ingin turut berkampanye dalam upaya pelestarian lingkungan. 


Tantangan ini diikuti oleh anggota Rumbel Hijau IP Lampung. Ini dia 8 Tips Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai:



1. Memasak Makanan Sendiri 


Selain lebih sehat karena bahan dan kebersihannya lebih terjamin, dengan memasak makanan sendiri kita bisa mengurangi penggunaan plastik yang biasa dipakai untuk membungkus makanan yang dijual di tempat makan.


2. Membawa Tas atau Kantung Belanja Sendiri


Sudah bukan rahasia lagi kalau berbelanja itu menjadi penyumbang sampah plastik terbesar. Mulai sekarang jangan ragu untuk membawa tas atau kantung belanja sendiri ya. 






3. Berbelanja di Pasar Tradisional


Salah satu upaya mengurangi sampah terutama yang berbahan plastik adalah membeli buah dan sayur lokal dan dijual secara curah di pasar tradisional. Hmm betul juga, di pasar tradisional biasanya buah dan sayur dipajang dalam wadah karung atau kotak. Sementara di supermarket ada yang sudah dikemas dengan styrofoam dan plastik.



4. Gunakan Lap Kain Sebagai Pengganti Tisu


Ternyata tisu juga mengandung serat plastik yang sulit terurai di alam. Apalagi biasanya tisu juga dikemas dalam plastik. Jadi mulai sekarang yuk gunakan lap kain sebagai pengganti tisu.


5. Membawa Botol Minum


Daripada membeli air mineral kemasan botol, lebih baik kita membawa botol minum sendiri. Karena selain lebih hemat, kita juga bisa mengurangi sampah berupa botol plastik bekas. 








6. Menggunakan Cairan Pembersih Alternatif


Ternyata kita bisa lho membuat cairan pembersih sendiri. Tak hanya itu, sampo dan sabunpun bisa kita buat sendiri dari bahan alami. Selain lebih aman bagi lingkungan, mencoba membuat produk pembersih sendiri artinya kita mengurangi sampah plastik kemasan seperti kemasan sabun atau botol sampo dan botol cairan pembersih.


7. Membawa Kotak Bekal 


Ingin membeli camilan kesukaan? Coba bawa wadah sendiri dari rumah. Selain bisa mengurangi sampah plastik, membawa kotak bekal sebenarnya lebih praktis lho. Sampai di rumah kita tidak perlu lagi memindahkan makanan dari plastik ke piring. Saat makan di luar juga kita bisa membawa kotak bekal untuk membungkus makanan yang belum habis.




8. Menggunakan Sedotan Stainless Steel


Beberapa orang lebih suka minum minuman dingin menggunakan sedotan. Tapi sedotan plastik bisa mencemari lingkungan. Sampah plastik berbahaya sekali lho untuk hewan laut, karena bisa tidak sengaja tertelan. Jadi coba deh gunakan sedotan stainless steel yang bisa dicuci dan dipakai lagi.



Ada berbagai cara untuk mengurangi pemakaian plastik sekali pakai. Bagi sebagian orang mungkin terasa merepotkan. Tapi plastik sekali pakai yang praktis bagi kita ternyata berbahaya bagi bumi dan makhluk hidup termasuk bagi anak cucu kita kelak! Yuk kita coba 8 Tips Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai.

Oleh: Heni Puspita
IG @ourhappyprojectblog

3 komentar:

  1. Wah ternyata dari hal sederhana yang kita lakukan jika secara komunal akan berdampak baik bagi lingkungan. Semangat hijai..

    BalasHapus
  2. Semangat mengurangi tisu 😆 susyahhnya....

    BalasHapus
  3. Semangatt hijauuu💚💚💚💚💚💚💚

    BalasHapus