12 Ide Kegiatan Anak dengan Tema Hujan

12 Kegiatan Anak dengan Tema Hujan

Seperti sebagian besar wilayah di Indonesia, di bulan Februari ini Lampung masih sering diguyur hujan deras. Meski sering hujan bukan berarti anak-anak tidak bisa bermain. Karena itu Rumah Belajar (Rumbel) Playdate Ibu Profesional Lampung mengadakan challenge yang berhubungan dengan hujan. Ini dia 12 Ide Kegiatan Anak dengan Tema Hujan yang dilakukan oleh para bunda di Rumbel Playdate IP Lampung bersama buah hatinya.

1. Main Hujan-Hujanan


Anak-anak memang biasanya suka kalau diajak main hujan-hujanan. Bahkan saat menggambar juga teringat momen seru bermain hujan-hujanan bersama kakak atau adik seperti Mas Muhammad dan Mbak Mutiara.



2. Mengukur Curah Hujan 


Mumpung sering hujan deras, yuk ambil toples dan beri beberapa tetes pewarna makanan. Letakkan toples tersebut di luar rumah dan setelah hujan coba ukur berapa jumlah air yang tertampung.


3. Menghitung Tetes Air Hujan


Bermain dengan cat air, yuk! Bunda bisa melukis beberapa buah awan dan tulisi dengan angka. Setelah itu ajak anak untuk melukis tetesan air sesuai angka yang tertulis di awan. Kegiatan ini juga bisa dimodifikasi untuk belajar penambahan atau pengurangan.


4. Membuat Hujan


Punya spons cuci piring di rumah? Pinjam sebentar ya untuk membuat hujan. Caranya bagaimana? Letakkan spons tersebut di atas sebuah toples dan tetesi dengan air yang sudah diberi pewarna makanan. Spons ini ibarat awan yang kalau sudah berat, tetes air di dalamnya akan turun sebagai hujan.


5. Sedia Payung Sebelum Hujan 


Kalau sedang musim hujan begini sebelum berpergian jangan lupa membawa payung ya. Fungsinya untuk apa? Seperti yang ada di gambar ini nih, payung bisa melindungi kita dari air hujan. Dan jangan lupa saat hujan turun bacalah doa turun hujan.


6. Memasukkan Tali ke Sedotan


Kegiatan ini bisa melatih motorik halus anak. Supaya lebih seru sedotannya digunting dan ditempel menyerupai titik titik hujan.


7. H untuk Hujan


Kata hujan diawali dengan huruf H. Yuk belajar menulis huruf H bersama Mas Dirga.



8. Hiasan Awan dan Hujan


Belajar tentang hujan juga bisa dilakukan sambil melihat dan bermain dengan hiasan flanel seperti ini. Wuih seolah ada hujan di dalam rumah.


9. Menyanyikan Lagu Tentang Hujan


Anak-anak biasanya suka sekali kalau diajak bernyanyi oleh bundanya. Kalau sedang asyik menatap hujan lewat jendela seperti Adik Qy ini, paling pas sambil menyanyikan lagu Tik Tik Tik Bunyi Hujan.


10. Meneteskan Air dengan Pipet


Siapkan karton, kapas, lem, air, dan pipet yuk. Tempel kapasnya menyerupai awan di langit. Setelah itu tetesi kapasnya dengan air menggunakan pipet. Seolah-olah hujan sedang turun ya. Meneteskan air dengan pipet juga bisa melatih motorik halus anak.


11. Membuat Hiasan Awan Hujan 


Eh ternyata Kak Habibie juga membuat hiasan awan hujan. Namun yang ini terbuat dari karton dan kain. Tetesan air hujannya ditulisi dengan huruf-huruf yang membentuk nama anak.


12. Membuat Huruf H dari Playdough


Punya playdough di rumah? Yuk belajar mengenal huruf H untuk Hujan dengan menggunakan play dough. Kegiatan ini juga bisa melatih motorik halus anak.


Ternyata banyak ya ide kegiatan anak dengan tema hujan yang bisa dilakukan bersama si kecil. Tidak hanya belajar tentang hujan tapi anak juga bisa belajar banyak hal lewat kegiatan yang menyenangkan.

Oleh: Heni Puspita
https://www.henipuspita.net
IG @henipuspita29


1 komentar:

  1. Sukaaak banget. Terima kasih ibu profesional yang mengenalkan pada rumbel playdate.

    BalasHapus