Membuat Quotes dengan Aplikasi Ciamik, Agar Lebih Menarik


Ali bin Abi Thalib Radiyallahu Anhu berkata, “Semua penulis itu akan mati. Hanya karyanyalah yang akan terus abadi. Maka tulislah sesuatu yang membahagiakan dirimu di akhirat nanti.” Menulis adalah bekerja untuk keabadian, maka tulislah tentang kebaikan yang kelak akan menyelamatkan. 

Mentor saya pun selalu berkata, “Semua orang bisa menulis, dan menulis itu mudah. Akan tetapi yang sulit adalah mempercantiknya.” Untuk membuat tulisan menjadi cantik, kita perlu belajar menggunakan kaidah bahasa yang baik. 

Tentu untuk itu diperlukan latihan, ya? Salah satu bentuk ikhtiar yang dilakukan teman-teman member Rumlit IP Lampung, adalah mencoba melatih diri dengan membuat kutipan atau lebih familiar disebut quotes. 

Sebenarnya apa sih kutipan atau quotes itu? Kebanyakan tentu tak asing dengan kutipan, terlebih banyak sekali kutipan-kutipan yang tersebar di media sosial. Namun, bagaimana ya membuat kutipan agar lebih cantik dan menarik, yuk kita telisik ….


Kutipan (quote) mengandung arti tentang kalimat yang dianggap menarik, berisi ide, pendapat, atau gagasan. Biasanya hanya berisi beberapa kata. Namun, sarat makna. Kutipan boleh berima (ujung kata sama) boleh juga tidak berima. Rima adalah pengulangan bunyi yang berselang, baik di dalam larik sajak,  maupun pada akhir larik sajak yang berdekatan.


Untuk membuat sebuah kutipan, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menentukan klu. Klu bisa terdiri dari dua kata yang akan menjadi unsur atau bagian dalam kutipan yang dibuat. Pentingkah sebuah klu? Jawabannya penting, karena klu bisa membantu kita tetap on the track, selain itu pula bisa melatih imajinasi dalam menentukan diksi. 

Setelah itu gali ide dan tuliskan yang ada di pikiran. Sebagai contoh, klu yang digunakan adalah kata langkah dan amanah. “Bu ... menjadi dirimu memang tak mudah. Perlu kesabaran untuk memapah langkah. Ketika lakunya menyulut marah, ingatlah bahwa dia adalah amanah. Untuk setiap proses yang terlewati susah payah, inshaallah akan bernilai ibadah. Maka menguatlah ....”


Tahap akhir adalah proses yang tak kalah penting, di mana setelah berhasil merangkai kata bermakna, kita bisa menempatkan kutipan tersebut kedalam bentuk image quote. Aplikasinya pun telah banyak tersedia, dari yang gratis hingga berbayar. Seperti  Canva, Your Quote.in, Teks pada Foto, Geulgram, dan yang lainnya.


Aplikasi-aplikasi ciamik ini selain membuat kutipan (quotes) semakin menarik, juga memudahkan untuk sharing di media sosial, dan pastinya tidak akan tercecer di note gawai.  

Barakallah, semoga Rumbel Literasi bisa terus bersinergi dan saling berbagi. Hal terpenting adalah jangan pernah berhenti menulis, walaupun hanya sehari satu baris. Menulislah dari yang kamu sukai dan kuasai. Salam literasi ….

Kontributor: Wenda Ashabilhaqqi
IG: @wenda_ashabilhaqq 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar