Pelatihan Desain Grafis dengan Smartphone untuk Pengurus IP Lampung


Jumat, 19 April 2019 Ibu Profesional Lampung mengadakan pelatihan desain grafis menggunakan smartphone untuk para pengurusnya. Adanya kebutuhan diadakannya pelatihan ini salah satunya karena bertambahnya agenda kegiatan baik offline maupun online untuk para anggota. 

Tujuannya adalah agar setiap pengurus Ibu Profesional Lampung bisa memanfaatkan aplikasi di smartphone untuk membuat desain selebaran, poster, sertifikat, ataupun konten media sosial yang bisa mendukung kegiatan komunitas. 


Acara ini bertempat di kediaman Bunda Heni Puspita dan diikuti oleh delapan pengurus Ibu Profesional Lampung. Hadir sebagai pemateri adalah Mas Umar Abdul Labib dari Famedia Publisher dan G-AJAH MEDIA. 


Di awal acara Mas Umar menyampaikan bahwa keahlian desain grafis bermanfaat bagi suatu komunitas. Karena orang pertama kali melihat suatu komunitas dari logonya dan sekarang ini juga dari konten media sosialnya. 

Jadi baik dari logo maupun konten tersebut bisa menjadi penilaian orang lain. Apakah konten media sosialnya informatif dan menarik serta sering diperbarui.


Smartphone sekarang sudah menjadi perangkat yang praktis untuk membuat selebaran, poster, dan konten-konten lain. Salah satu aplikasi yang dipelajari adalah Canva. 

Aplikasi ini direkomendasikan karena mudah penggunaannya serta banyak pilihan template yang disediakan pengembangnya. 


Dasar desain grafis sendiri adalah seni dan tidak ada yang namanya bagus atau tidak bagus, melainkan sesuai atau tidak sesuai. Karena itu dalam pemilihan desain yang akan digunakan juga harus memperhatikan beberapa hal, seperti di mana akan dipublikasikan serta apa tujuannya. Selain itu komposisi, tata letak, serta pemilihan jenis huruf juga harus diperhatikan. 


Semoga ilmu yang didapat di acara pelatihan desain grafis ini bisa diterapkan untuk mendukung kinerja pengurus untuk membawa Ibu Profesional Lampung menjadi komunitas yang menebar manfaat.


Oleh: Heni Puspita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar